Monopod, Pentingkah Dibeli?

Apakah beda antara tripod dan monopod?

 

 

Keuntungan Monopod Dibanding Tripod:

Secara umum monopod tidak akan menggantikan tripod. Anda tidak akan bisa memotret bulb menggunakan monopod. Namun jika anda mencari alat untuk membantu menstabilkan kamera dari guncangan, membantu memotret di kondisi remang cahaya atau sekedar ingin foto lebih tajam, ada beberapa nilai lebih monopod dibanding tripod, antara lain:

  • Monopod Lebih Ringan dan Ringkas, tripod bisa berbobot 3 kali lebih berat dibanding monopod. Belum lagi kita kadang cukup kerepotan membawa tripod karena bentuknya yang lebih tebal meskipun sudah dilipat. Monopod cukup ringkas dan mudah diselipkan di tas kamera anda.
  • Cepat Dirakit, dengan monopod yang kita lakukan hanyalah mengulur monopod, memasang kamera lalu memposisikan monopod ke tanah sebelum dipakai. Dengan tripod anda harus merentangkan kaki satu persatu, jika kebetulan berada di permukaan tidak rata anda harus menyeimbangkan panjang masing-masing kaki.
  • Lebih Lincah, monopod ideal dipakai dalam situasi dimana kita butuh stabilitas kamera namun juga harus tetap lincah bergerak. Karena ringan dan cepat dirakit, monopod adalah alat favorit fotografer olahraga atau even-even lapangan lainnya.
  • Monopod Adalah Sahabat Lensa Berat, lensa tele yang berat bisanya dilengkapi dengan collar monopod/tripod melingkar di barel lensanya. Monopod bisa meringankan beban yang harus ditanggung tangan ketika memotret dengan lensa berat. Biarkan monopod membantu anda menopangnya.
  • Murah, anda bisa mendapatkan monopod berkualitas tinggi yang mampu menahan beban 10 kg dengan harga sekitar Rp. 500 ribu.
  • Monopod Untuk Perspektif Keren, punya lensa wide angle atau bahkan fisheye? pasang lensa di kamera lalu pasang kamera tersebut ke monopod. Lalu anda set memotret dengan timer, angkat monopod tinggi-tinggi, voila… anda sekarang memperoleh foto dengan perspektif dari ketinggian yang keren seperti dibawah ini.

 

Sementara Monopod Tetap Belum Bisa…

Monopod adalah alternatif tripod, monopod memberi kita opsi memotret dengan stabil dan bisa “membeli” 1 sampai 3 stop, cocok dipakai saat kita harus tetap lincah atau saat memakai lensa berat. Namun untuk memotret long exposure dan ingin foto tetap tajam, tripod masih lebih jago. Gunakan monopod sesuai keistimewaannya, seperti yang sudah dibahas diatas.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s